Saturday, June 04, 2005

Bimbingan #2 dan Pertemuan di PSDI

Hari Jumat (27/05/2005) saya bimbingan untuk yang kedua kalinya. Kali ini diarahkan lebih jelas lagi, alhamdulillah dapat pencerahan lagi. Ternyata topik saya sangat berbeda dengan yang dilakukan oleh teman-teman saya: Luki, Iffa, dan Lala, yang bimbingan dengan Bapak juga. Mereka lebih fokus pada metoda authentication. Luki dengan RFID, Iffa dengan Bluetooth, dan Lala dengan Zigbee.

Berikut cipratan-cipratan ide dari bimbingan kedua:
* Proses authentication dan authorization seharusnya dipisah dalam layer yang berbeda.
* Tugas Asyik saya akan fokus pada metoda PKI. PKI hanyalah salah satu metoda authentication ada, lainnya ada Kerberos dan SAML (Security Assertion Markup Language).
* Beberapa opsi permasalahan yang bisa dijadikan batasan masalah Tugas Asyik antara lain: (1) Mekanisme pengisian smart card. (2) Bagaimana cara menyimpan Digital ID di smart card. (3) Apa-apa saja yang akan disimpan dalam smart card. (4) Bagaimana memastikan aplikasi komputer bisa berjalan dengan smart card.

Rabu (01/06/2005) saya diberitahu Bapak untuk menghadiri pertemuan di PSDI. Pertemuan ini membahas soal penerapan Campus-Wide Identity Management di kampus ITB. Bertemu dengan banyak orang, menambah kenalan lagi deh.

Oke, cukup untuk reviewnya. Sekarang saatnya membaca, belajar dan kemudian menulis. Eits, jangan lupa membuat presentasi.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home