Friday, April 15, 2005

Abstraksi Tugas Asyik

Abstraksi Tugas Akhir
%versi 0.0.1

Pada millenium kedua ini mobil telah menjadi kendaraan yang populer bagi manusia modern untuk melakukan mobilitas. Di kota-kota besar jumlah mobil sangat banyak. Akibatnya seringkali menimbulkan permasalahan. Salah satunya permasalahan yang timbul adalah menyangkut parkir mobil.
Waktu yang dihabiskan seseorang di kota besar untuk mencari parkir ketika pergi ke kantor-kantor besar atau pusat perbelanjaan bisa mencapai ½ sampai 1 jam. Perlu dipikirkan mekanisme cerdas untuk mengatasi permasalahan ini.

Proximity Authentication adalah penggunaan media tambahan dalam proses identifikasi diri. Media tambahan ini digunakan untuk meyakinkan bahwa orang tersebut berada dekat dengan perangkat authentication

Tugas akhir ini akan menggunakan teknologi proximity authentication untuk memecahkan permasalahan parkir. Teknologi proximity authentication akan mengidentifikasi setiap mobil yang masuk dan mobil yang keluar dari zona parkir. Dari identifikasi ini akan dibuat semacam sistem cerdas dengan bantuan software untuk menentukan zona parkir mana yang sudah kosong. Jumlah keberadaan mobil yang masuk pada zona parkir pun dapat terdeteksi sehingga pengelola parkir dapat menentukan kapan parkir penuh atau masih tersedia untuk mobil parkir.

Terdapat beberapa sistem proximity authentication masing-masing dengan kelebihan dan kekurangannya. Diantaranya adalah menggunakan metoda RFID (Radio Frequency Identification), Bluetooth, dan Zigbee.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home