Thursday, September 01, 2005

Tentang Keamanan Jaringan

Hmm....tidak terasa sudah hampir 6 bulan saya berkenalan dengan keamanan jaringan - network security. Terhitung sejak 24 April 2005, ketika saya bimbingan pertama kali. Sekarang ini mulai terbiasa dengan istilah-istilah seputar keamanan jaringan, seperti: X.509, certificate, Kerberos, PKI (Public Key Infrastructure), private-key, public-key, DES, fingerprinting, authentication, authorization, PGP (Pretty Good Privacy), DES (Data Encryption Standard), RSA (Rivest, Shamir Adleman). Setelah sebelumnya awam sekali dengan istilah-istilah diatas, sekarang sudah mulai terbiasa walau belum benar-benar mengerti dengan baik. Tapi paling tidak, sudah tidak merasa asing lagi ketika membaca-baca buku dan menemukan istilah-istilah ini.

Ternyata menarik juga untuk mendalami bidang ini. Semuanya butuh keamanan, sementara dunia internet adalah dunia antah berantah dimana kejahatan bisa terjadi dengan mudah. Yang paling pertama butuh keamanan adalah dunia perbankan untuk melakukan transaksi melalui internet. Internet Banking, istilah trendnya.

Semoga saja saya menemukan satu titik dari sekian ribu garis yang ada di dunia elektro, untuk saya geluti, dalami, dan kemudian menjadi profesional. Jika itu memang jalan hidup saya. Tunjukilah selalu hambaMu ini, ya Allah SWT.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home